Jumat, 23 September 2011

Tunggu Bank Dunia & IMF, Saham Eropa Bakal Rebound

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diprediksi akan menguat pada pembukaan Jumat (23/9) setelah aksi lepas saham Asia semalam diikuti dengan hari malapetaka bagi pasar Eropa dan AS pada hari Kamis, dengan saham di Eropa jatuh sebanyak 5 persen.

Mengutip CNBC, Indeks FTSE London diperkirakan akan naik 41 poin, indeks DAX Jerman meningkat 60 poin, sementara CAC 40 Perancis naik 40 poin. Ada beberapa berita menarik pada awal pembukaan Eropa Jumat, di mana Dow futures AS naik 104 poin dan indeks ASX 200 Australia menguat 1,8 persen dari posisi terendah sesi sebelumnya.

Namun, indeks Korea SelatanKOSPI terus merana dengan turun sekitar 4,4 persen setelah jatuh 4,8 persen pada awal perdagangan hari ini. Banyaknya berita buruk sepanjang hari Kamis memastikan indeks di Eropa, Amerika dan Asia, terpukul semua. Data manufaktur China yang mengecewakan, menunjukkan perlambatan untuk bulan ketiga berturut-turut karena permintaan melemah di Eropa dan Asia dipengaruhi oleh saham Eropa dan data PMI Jerman yang lebih buruk dari yang diperkirakan memicu kekhawatiran bahwa pembangkit semangat Eropa sedang kehilangan momentum.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Robert Zoellick memperingatkan secara terpisah bahwa situasi ekonomi global "berbahaya", digabung dengan sentimen negatif pasar selama pertemuan tahunan berikutnya di Washington DC. Para pemimpin Australia, Kanada, Meksiko, Afrika Selatan, Inggris dan Korea Selatan menulis kepada Presiden Prancis Nicholas Sarkozy mendesak solusi yang cepat untuk masalah utang negara di zona euro yang terus mengekspresikan kekhawatiran penularan, sementara para pejabat dari negara-negara BRIC mengatakan mereka akan mempertimbangkan memberikan lebih banyak uang ke IMF.

Semua mata akan tertuju ke Washington pada Jumat karena pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF akan dimulai dan Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral bertemu di Ibukota AS ini untuk meningkatkan rencana pemulihan global yang akan diserahkan kepada kepala negara menjelang KTT G20 4 November di Cannes.

Sebuah konferensi pers akan berlangsung pukul 1:00 am di London dengan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble dan Presiden Bundesbank Jens Weidmann berbicara dari Washington. Data ekonomi keluar hari Jumat meliputi survei data kepercayaan bisnis dari Perancis pada saat 7:45 di London, diikuti oleh Data PPI Spanyol pada jam 8:00. Di Inggris, British Bankers' Association akan mengeluarkan statistik perbankan pada pukul 09:30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar