Jumat, 23 September 2011

Bursa saham global terjungkal ke pasar bearish

Bursa saham global terjungkal ke pasar bearish
NEW YORK. Bursa saham global terjungkal ke pasar bearish untuk pertama kali dalam dua tahun terakhir. Kondisi krisis utang Eropa yang memburuk serta ancaman resesi AS telah menghapus nilai pasar saham mencapai US$ 10 triliun sejak Mei lalu.

Indeks MSCI All-Country World, yang mengukur indeks 45 negara dunia, sudah terpangkas 20% sejak melesat ke level tertinggi pada 2 Mei lalu. Ini menjadi salah satu pertanda, pasar saham global sudah masuk ke dalam pasar bearish.

Kemarin, indeks pasar saham global ini turun 4,5% ke level terendah dalam 13 bulan terakhir ke posisi 277,38. Sementara itu, indeks MSCI World, yang mengukur pergerakan indeks negara-negara maju, terjungkal 4,2%.

"Pasar saham global tersengat krisis finansial," jelas Mohamed El-Erian, chief executive officer Pacific Investment Management Co.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ng Soo Nam, chief investment officer Nikko Asset Management Co. "Harga saham terlihat sangat murah, tapi membutuhkan keberanian yang sangat besar untuk melihat itu semua. Situasi bisa bertambah parah. Kecemasan default Yunani menjadi penyebab utamanya," ujar Ng Soo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar