Jumat, 03 Februari 2012

Belum Ada Sinyal Bearish IHSG

INILAH.COM, Jakarta – Meski melemah, indeks saham domestik belum memberikan sinyal bearish. Indeks hanya menunjukkan 4.025 menjadi resistance yang kuat. Baru pekan depan bisa ditembus.

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, sudah beberapa hari terakhir, Hang Seng Index (HSI) selalu naik sebelum penutupan. “Tapi karena posisi penutupannya sudah di kisaran target dari triangle di 20.700-20.800, saya sih santai saja. Yang penting belum ada signal bearishnya,” katanya di Jakarta, Jumat (3/2).

Dia menjelaskan, yang ada signal bearish sebenarnya ada di Nikkei dan Kospi karena tutup dibawah harga terendah kemarin. “Tapi karena kedua indeks tersebut korelasinya kecil terhadap IHSG, saya tidak ambil pusing,” timpalnya.

Sementara itu, IHSG sudah diperkirakan kecil kemungkinan bisa tutup diatas 4.025. Yang terpenting, IHSG hari ini masih bakal ditutup diatas suport pertama 3.990. “Jadi belum ada signal bearish. Bagus juga, jadi suport awal pekan depan untuk IHSG, jadi lebih tinggi. Kalau reversal, ketahuannya lebih cepet,” ucapnya.

Menurutnya, saham PT United Tractor (UNTR)yang menjadi penggerak IHSG, juga sudah terlihat ‘lost of steam’. Posisi terakhirnya sudah dibawah suport 29.350. Kalaupun ditutup diatas itu, memperlihatkan bahwa resisten 29.500memang kuat,” tuturnya.

Belum lagi PT Astra Internasional (ASII)yang sudah sampai di resistance79.000-80.000, dan PT Gudang Garam (GGRM)sudah sampai di retracement50%. “ResistanceIHSG 4.025, kalau tembusmungkin baru minggu depan. Tapi di akhir minggu ini, resisten itu tetap menjadi resisten kuat,” timpalnya.

Di atas semua itu, dia menegaskan tidak ada signal bearishuntuk IHSG. Tapi tidak ada signal bullish juga. “Saya sih tetap menunggu di pinggiran. Setelah tadi pagi exit posisi di harga beli kemarin, saya juga masih malas untuk positioning.Ada harapan, tapi saya berharap Dow Jones Industrial Index (DJI)ditutup dibawah 12.650 nanti malam, biar ada signal bearish,” imbuh Satrio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar