Rabu, 11 Januari 2012

Wall Street Tertinggi dalam 5 Bulan

New York - Indeks saham di bursa Wall Street menguat ke titik tertingginya dalam 5 bulan terakhir. Saham-saham material memimpin penguatan setelah Alcoa mengumumkan laporan keuangan. Saham-saham perbankan juga ikut menguat.

Alcoa sebelumnya mengumumkan pendapatan yang melebihi ekspektasi dan memberikan outlook mencerahkan untuk industri aluminium. Saham Alcoa tercatat naik hingga 1% ke level US$ 9,44. Indeks sektor material GSPM tercatat naik 1,8%.

Saham-saham di bursa AS ini terus menguat di tengah kekhawatiran seputar krisis di Eropa. Investor terus terdorong oleh laporan ekonomi dan juga optimisme membaiknya perekonomian AS. Musim laporan keuangan juga terus mendorong kenaikan saham-saham.

"Investor masih fokus pada Eropa, namun tidak terlalu banyak memperhitungkan jika dibandingkan November lalu," ujar Jonathan Corpina, kepala perdagangan di NYSE dari Meridian Equity Partners seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/1/2012).

Namun fokus ini kemungkinan bisa berbalik cepat. Dua lelang surat berharga di Eropa yakni Italia dan Spanyol pada pekan ini akan menjadi fokus investor. Lelang itu akan menjadi panduan tentang seberapa khawatir investor terhadap kondisi di Eropa.

Pada perdagangan Selasa (10/1/2012), indeks Dow Jones industrial average ditutup menguat 69,78 poin (0,56%) ke level 12.462,47. Indeks Standard & Poor's 500 juga menguat 11,38 poin (0,89%) ke level 1.292,08 dan Nasdaq menguat 25,94 poin (0,97%) ke level 2.702,50.

"Secara historis, musim laporan keuangan telah membantu pasar beralih menguat, jadi mari angkat topi untuk ini sejenak, tapi jangan lupa tentang apa yang terjadi di Eropa," imbuh Corpina mengingatkan.

Selain Alcoa, saham material dan industri yang naik adalah Caterpillar Inc. Saham produsen alat berat itu naik 3% menjadi US$ 99,96 dan membawa indeks Dow Jones menguat. Saham perbankan juga naik dengan indeks bank KBW naik 1,9%.

Perdagangan berjalan cukup ramai dengan transaksi mencapai 7,02 miliar lembar saham, di atas rata-rata harian yang sebanyak 6,7 miliar lembar saham.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar