Rabu, 11 Januari 2012

Bursa Asia lanjut reli dipicu optimisme terhadap AS

Bursa Asia lanjut reli dipicu optimisme terhadap AS
TOKYO. Pasar saham Asia melanjutkan reli hari ketiga. Indeks acuan regional, MSCI Asia Pasifik pun maju ke level penutupan tertinggi dalam sepekan setelah naik 0,2% menjadi 116,29 pada pukul 9.40 di Tokyo.

Sementara, indeks Nikkei menguat 0,10% ke 8.430,52, dan indeks S&P/ASX 200 maju 1,1% ke 4.198,10.

Mayoritas bursa regional melaju, karena optimisme terhadap perekonomian AS. Pekan lalu, data pertumbuhan manufaktur mulai dari Cina hingga AS positif, sehingga memacu keyakinan terhadap perekonomian global. Kemarin, Departemen Tenaga Kerja AS pun melaporkan adanya penambahan sebanyak 4,150 juta pekerja sepanjang November, lebih besar dari bulan sebelumnya yang hanya 107.000 pekerja.

Sentimen ini menutupi sentimen negatif peringatan dari Fitch Ratings atas kemungkinkan downgrade peringkat utang Italia.

Stephen Halmarick dari Colonial First State Global Asset Management menyebut, ada sinyal lebih positif terutama pada lapangan kerja dan belanja konsumen di AS. "Tahun ini, prospek pertumbuhan di AS itu moderat, dan itu lebih baik daripada Eropa yang diekspektasi akan berada dalam resesi," ujarnya, di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar