Jumat, 17 Februari 2012

Harga minyak naik ke level tertinggi enam pekan

Harga minyak naik ke level tertinggi enam pekan
NEW YORK. Harga kontrak minyak dunia menanjak ke level tertinggi dalam enam pekan terakhir. Pada penutupan pasar di New York, harga kontrak minyak jenis WTI untuk pengantaran Maret naik 51 sen menjadi US$ 102,31 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini merupakan level tertinggi sejak 4 Januari lalu. Sepanjang tahun ini, harga minyak sudah naik 3,5%.

Lonjakan harga minyak dipicu spekulasi bahwa Yunani akan menerima bailout kedua. Sentimen lainnya adalah data klaim pengangguran AS mencatatkan penurunan ke level terendah sejak 2008.

"Seluruh pasar finansial mencatatkan kenaikan terdongkrak isu terkini Yunani. Pemberian bailout tentunya akan memberikan stabilitas dan kekuatan bagi seluruh negara di kawasan Eropa dan menghilangkan kecemasan mengenai kemungkinan default, yang konsekuensinya sangat buruk bagi ekonomi global," papar John Kilduff, partner Again Capital LLC di New York.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran April naik US$ 1,18 atau 1% menjadi US$ 120,11 per barel di ICE futures Europe exchange.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar