Kamis, 02 Februari 2012

Sesi Dua, Trading Saja

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi ditutup di area hijau hari ini. Namun, untuk amannya, investor hanya disarankan untuk trading.

IHSG pada Kamis (2/2) sesi siang ditutup menguat, 22,774 poin (0,57%) ke level 3.987,750.Demikian pula indeks saham unggulan LQ45 yang naik 2,803 poin (0,40%) ke level 697,822.

Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup ramai, dengan volume transaksi sebesar 2,597 miliar lembar saham, senilai Rp 2,793 triliun dan frekuensi 91.334 kali. Sebanyak 142 saham naik, 64 saham turun dan 89 saham stagnan.

Satrio Utomo dari Universal Broker Indonesia mengatakan, IHSG masih berpeluang ditutup positif sore nanti. Indeks dinilai masih sanggup untuk melanjutkan penguatan dan menguji level psikologis di 4000, dengan resistan yang kuat di level 3.992.

“Level 3.992 masih dalam jangkauan dan bisa ditembus, artinya untuk tren jangka pendek, IHSG memang harus naik,”ujarnya kepada INILAH.COM.

Namun, Tommy mengkhawatirkan kekuatan sentimen regional yang mendukung teknikal rebound bursa domestik dua hari terakhir, apakah akan terus berlanjut atau berbalik arah. Apalagi ada beberapa sentimen negatif di dalam negeri.

Seperti tekanan jual yang melanda Bank Mandiri (BMRI), terkait turunnya yield obligasi, profit taking yang dialami Gudang Garam (GGRM). Kemudian rencana kenaikan BBM. “Untuk jangka menengah, BBM selalu buruk dampaknya bagi saham terkait inflasi seperti perbankan dan ASII,”paparnya.

Di tengah situasi ini, Tommy menyarankan investor untuk trading. Artinya, jangan terlalu agresif untuk positioning, dan lakukan dengan volume transaksi yang tidak terlalu besar. “Sehingga kalau regional berbalik arah, masih punya banyak amunisi,”ujarnya.

Adapun pilihan saham yang menarik, berasal dari sektor batubara, terutama saham unggulan, serta saham lapis dua dan tiga. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar