Kamis, 02 Februari 2012

Bursa Eropa Dibuka Cenderung Flat

Medium
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa menguat cenderung flat pada pembukaan perdagangan Kamis (2/2) menjelang data tenaga kerja AS.

Indeks FTSE flat di 5.795, indeks DAX naik 0,3% ke 6.639 dan indeks CAC naik 0,8% ke 3.392. Penguatan melanjutkan penguatan sejak dua hari sebelumnya. Hal ini salah satunya dipicu rumor penggabungan XStrata Plc dan Glencore International PLC di sektor pertambangan. Demikian mengutip marketwatch.com.

Sentimen positif lainnya adalah indeks saham futures AS naik melengkapi kenaikan bursa Asia. Bursa saham Asia menguat seperti indeks Hang Seng naik 1,5%, indeks Nikkei naik 0,7%, indeks Shanghai naik 1,8%, indeks ASX naik 1%, Kospi naik 1,2%, STI naik 0,4%, KLSE naik 0,5%.

Pasar mengharapkan data klaim tunjangan pengangguran AS turun ke 371.000 pada pekan terakhir Januari dari 377.000 pada pekan sebelumnya.

Pasar akan mencermati laporan laba yang akan dirilis raksasa minyak Shel, Duetsche Bank, Unilever dan AstraZeneca.

Pasar juga mengantisipasi menjelang IPO situs jejaring sosial Facebook pada Kamis hari ini. Facebook akan menyerahkan dokumen IPO kepada regulator pada hari ini dengan menargetkan dapat meraih dana segar US$5 miliar.

Sampai saat ini, Yunani masih melakukan proses negosiasi dengan kreditor swasta. Yunani menghadapi situasi sulit dalam beberapa hari ke depan. Hal ini untuk mendapatkan kepastian restrukturisasi utang dengan debt swap. Dengan demikian akan menerima paket bailout dari kreditor mencapai 130 miliar euro.

Hari ini Spanyol dan Prancis akan mengadakan lelang obligasi. Untuk Spanyol akan melelang 4 miliar euro untuk 3,4 tahun dan 5 miliar euro untuk jatuh tempo 5 tahun. Sementara Prancis mencapai 6,5 miliar euro dan 8,5 miliar euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar