Kamis, 02 Februari 2012

Bursa Asia masih melanjutkan pergerakan positif

SINGAPURA. Mayoritas bursa Asia melaju pada transaksi pagi ini. Dengan demikian, indeks acuan di kawasan regional ini sudah naik selama tiga hari terakhir.

Pada pukul 09.31 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8% menjadi 124,07. Ini merupakan level tertinggi sejak 28 Oktober lalu. Dalam setiap empat saham yang naik, hanya ada satu saham yang turun.

Sementara itu, saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: LG Electronics Inc yang naik 5,9% di Seoul dan James Hardie Industries SE naik 4,9% di Sydney.

Di Jepang, Tokyo Stock Exchange telah menunda sementara waktu (suspen) transaksi perdagangan saham 241 perusahaan. Menurut Juru Bicara Bursa Tokyo Yukari Hozumi, suspensi ini dilakukan karena ada kerusakan pada sistem komputer.

Beberapa perusahaan yang sahamnya disuspensi antara lain: Sony Corp, Hitachi Ltd, dan Dai-ichi Life Insurance Co.

Lonjakan bursa Asia hari ini dipicu oleh data indeks manufaktur global yang positif. "Kita sudah mendapat konfirmasi bahwa tingkat kepercayaan bisnis di AS dan Eropa semakin membaik. Krisis utang Eropa hanya akan terjadi sementara waktu. Sehingga, pasar saham sangat sensitif terhadap perekonomian global," papar Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar