Rabu, 15 Februari 2012

Yen melemah, mayoritas bursa Asia rebound pagi ini

Yen melemah, mayoritas bursa Asia rebound pagi ini
TOKYO. Setelah kemarin terkoreksi, pasar saham Asia rebound, pagi ini (15/2). Investor kembali masuk ke aset berisiko, karena optimisme Yunani akan berkomitmen untuk menerapkan langkah-langkah penghematan.

Penguatan bursa regional juga terjadi seiring melemahnya yen ke posisi terendah dalam tiga bulan terhadap dollar AS. Pelemahan yen mendorong prospek pendapatan bagi eksportir di Asia.

Indeks acuan bursa regional, MSCI Asia Pacific naik 0,6% ke 125,72 pada pukul 9.26 waktu Tokyo. Tujuh dari 10 kelompok industri bergulir di zona hijau. Sementara itu, indeks Nikkei 225 maju 0,96%, lalu indeks Kospi menguat 0,79%. Namun, indeks S&P/ASX 200 masih terkoreksi 0,24%.

Beberapa saham berkapitalisasi besar menyokong laju bursa Asia. Misalnya, saham eksportir elektronik terbesar di Jepang, Sony Corp. yang 21% pendapatannya berasal dari pasar Eropa, reli 2,6%, pagi ini. Kemudian, saham Medipal Holdings Corp. yang naik 5,4% di Tokyo, setelah produsen alat medis ini menyatakan akan menggelontorkan 10 miliar yen untuk buyback 11 juta sahamnya.

Hiroichi Nishi, manajer ekuitas di SMBC Nikko Securities Inc. menilai, ekspektasi pasar meningkat, seiring bailout baru untuk Yunani akan segera dieksekusi. "Pasar saham juga tertopang, karena yen melemah, dan dunia bergerak ke arah pelonggaran moneter seperti yang ditunjukkan oleh BOJ," ujarnya, di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar