Jumat, 09 Maret 2012

Buy on Weakness Saham Potensial Naik!

INILAH.COM, Jakarta – Sentimen AS dan Yunani diprediksi bakal memacu penguatan indeks akhir pekan ini. Lima saham dari empat sektor dapat rekomendasi positif. Apa saja?

Analis dari Equator Securities Gina Novrina Nasutionmengatakan hal itu kepada INILAH.COM. Dia memperkirakan, saham-saham di sektor perkebunan dan consumer goods bakal jadi penggerakan indeks seperti yang terjadi kemarin. Tapi, dia juga merekomendasikan positif saham-saham di luar kedua sektor itu seperti industri dasar semen dan infrastruktur. “Saya rekomendasikan buy on weakness saham-saham tersebut,” katanya.

Pada perdagangan Kamis (8/3/2012), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup menguat 25,15 poin (0,64%) ke level 3.967,669 dengan intraday tertinggi 3.970,228 dan terendah 3.942,948. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 yang naik 5,69 poin (0,84%) ke posisi 684,662.Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG akhirnya menguat kembali ke level 3.967. Bagaimana Anda melihat arahnya akhir pekan ini?
Secara teknikal, IHSG Jumat ini berpotensi menguat menuju resistance pertama 3.986 dan resistance kedua 4.003. Sedangkan support indeks berada di level 3.941 dan support berikutnya 3.904.

Faktor apa saja yang mendorong kenaikan indeks selain soal teknikal?
Data tenaga kerja AS yakni Initial Jobless Claim semalam jadi salah satu sentimen pada pergerakan Dow Jones Industrial Index (DJI). Di sisi lain, pasar masih euforia atas pernyataan Bank Sentral AS yang akan menggulirkan kebijakan moneter baru yang masih ramah terhadap inflasi. Diekspektasikan, The Fed akan meluncurkan program untuk melakukan pembelian obligasi kembali untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Jadi, euforia ini sentimennya positif.

Bagaimana dengan faktor Yunani?
Ya itu juga. Sentiment positif juga datang dari perkembangan restrukturisasi utang Yunani. Pada saat yang sama, perkembangan negosiasi debt swap (penukaran obligasi lama dengan obligasi baru yang nilainya dipangkas 50%) antara Yunani dengan para kreditor swasta juga turut memberikan sentiment di market. Karena itu, Jumat ini, IHSG diprediksi melanjutkan penguatan.

Sektor saham yang berpeluang jadi penggerak utama indeks akhir pekan ini?
Sektor saham yang bakal mendukung penguatan indeks akhir pekan ini adalah perkebunan dan consumer goods seperti yang terjadi pada perdagangan Kamis (8/2/2012).

Saham-saham pilihan Anda?
Saham-saham pilihan adalah yang masih potensial naik yakni PT London Sumatera Plantation (LSIP) dengan support Rp2.750 dan resistance Rp2.900; PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) dengan support Rp260 dan resistance Rp285; PT Astra Agro Lestari (AALI) dengan support Rp22.100 dan resistance Rp22.600.

Begitu juga dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGAS) dalam kisaran support Rp3.550 dan resistance Rp3.800 dan PT Jasa Marga (JSMR) dengan support Rp4.900 dan resistance Rp4.650.

Bagaimana strategi trading pada saham-saham tersebut?
Saya rekomendasikan buy on weakness saham-saham tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar