Selasa, 03 Januari 2012

Euro kembali terpuruk ke level terendah dalam 11 tahun terakhir terhadap yen

Euro kembali terpuruk ke level terendah dalam 11 tahun terakhir terhadap yen
LONDON. Pergerakan euro tadi malam keok ke level terendah dalam 11 tahun terakhir atas yen. Pada pukul 16.26, nilai tukar euro berada di level 99,40 yen atau melemah 0,3%. Sebelumnya, euro sempat berada di posisi 98,66 yen, level terlemah sejak Desember 2000 silam. Sementara, euro juga melemah 0,3% menjadi US$ 1,2924.

Pelemahan euro tersebut mengindikasikan kecemasan investor akan krisis utang Eropa. Mereka cemas, krisis Eropa akan menghantam pertumbuhan ekonomi global dan mengguncang pasar finansial pada awal 2012 ini.

Sementara, pelemahan euro atas dollar dipicu oleh data manufaktur Eropa yang melorot selama lima bulan berturut-turut pada Desember lalu.

"Kami masih melihat pergerakan negatif euro ke depannya. Pertumbuhan yang minim di sejumlah negara akan menjadi isu utama tahun ini. Dan saya rasa, apa yang tengah didiskusikan para pemimpin Eropa belum cukup untuk mengatasi masalah Eropa. Investor kembali akan mencemaskan tingginya tingkat utang di sejumlah negara yang bermasalah," papar Peter Rosenstreich, chief currency analyst Swissquote Bank SA di Genewa.

Sekadar catatan, tahun 2011, euro membukukan pelemahan tahunan pertama terhadap dollar AS dalam sepuluh tahun terakhir. Euro juga menjadi mata uang dengan performa terburuk dari sepuluh negara maju di 2011 setelah melemah 2,1%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar