Jumat, 20 Januari 2012

Harga kontrak minyak naik lagi

MELBOURNE. Harga kontrak minyak dunia mencatatkan kenaikan di New York. Pada pukul 16.36 waktu Sydney, harga kontrak minyak untuk pengantaran Febuari naik 35 sen menjadi US$ 100,74 di New York Mercantile Exchange. Kemarin, harga kontrak minyak yang habis masa berlakunya hari ini itu, turun 20 sen menjadi US$ 100,39 per barel dan merupakan level terendah sejak 13 Januari lalu.

Sedangkan harga kontrak minyak untuk pengantaran Maret naik 35 sen menjadi US$ 100,89 per barel. Dengan demikian, sepanjang pekan ini, harga minyak sudah naik 2,1%. Kenaikan juga terjadi pada kontrak minyak jenis Brent sebesar 0,3% menjadi US$ 111,85 per barel di ICE Futures Europe di London.

Lonjakan harga minyak dunia terjadi setelah investor bertaruh permintaan minyak dunia akan naik seiring pulihnya perekonomian di AS. Seperti yang diketahui, data Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, tingkat pengajuan klaim pengangguran Negeri Paman Sam mencatatkan penurunan di sepanjang pekan lalu.

"Data ekonomi yang berasal dari AS menunjukkan hal yang positif. Jika harga minyak WTI berada di atas US$ 100 per barel, hal itu menandakan masih ada ketidakpastian di pasar," urai David Land, head of analyst CMC Markets di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar