Rabu, 25 Januari 2012

Terseret utang Yunani

JAKARTA. Kekhawatiran terhadap krisis utang Eropa yang kembali mencuat, menahan laju indeks bursa lokal. Meski menguat, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tutup di bawah 4.000. Selasa (24/1), IHSG menguat 0,2% menjadi 3.994.

Analis Universal Broker, Alwy Assegaf, menilai, masalah Yunani yang tidak mampu mencapai kesepakatan dengan kreditur swasta mengenai bunga bond swap berdampak negatif terhadap IHSG. Kreditur swasta menginginkan return obligasi swap sebesar 4%, namun pemerintah Yunani hanya menawarkan imbas hasil sebesar 3,5%.

Situasi tersebut dapat menjadi momen pemodal untuk merealisasikan keuntungan alias profit taking. Selain itu, menurut Alwi, IHSG saat ini sudah berada di area jenuh beli (overbought), hingga potensi koreksi jangka pendek cukup terbuka.

Nilai transaksi perdagangan kemarin pun masih belum ramai, setelah Senin (23/1), IHSG libur alias tidak ada perdagangan karena perayaan Tahun Baru China alias Imlek. Kemarin, nilai transaksi hanya sebesar Rp 2,68 triliun. Angka tersebut jauh di bawah nilai tranksasi perdagangan pada Jumat (20/1) yang sebesar Rp 4,06 triliun.

Prediksi Alwi, hari ini IHSG cenderung melemah di rentang 3.975-4.027. "Namun jika dalam jangka panjang fundamental kita masih bagus, ini koreksi jangka pendek saja," ujar dia.

Pendapat berbeda datang dari Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra. Ia optimistis, IHSG hari ini akan melanjutkan penguatan. Penyematan investment grade bagi Indonesia dari Moody\'s Investor Services masih memberikan dorongan positif bagi bursa domestik.

Ia memprediksi IHSG akan bergerak di rentang 3.970 hingga 4.030 sepanjang hari ini. Dengan menggunakan analisis teknikal, Ariston menjelaskan, pada rentang 4.000-4.020, terdapat banyak level tahanan penting. Sehingga, untuk menembus level 4.020 butuh beberapa kali percobaan.

Hingga kini, IHSG sudah tiga kali menguji level-level penahan tersebut. "Masih perlu beberapa kali percobaan pengujian menembus angka itu dan melanjutkan penguatan ke level 4.070," kata Ariston.

Tapi, memang kondisi ekternal terutama dari Eropa mengenai ketidakpastian penyelesaian masalah krisis utang Yunani masih akan membayangi pergerakan IHSG hari ini. Sementara, sentimen dari pasar regional masih sangat tipis, mengingat beberapa bursa saham Asia belum beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar