Rabu, 25 Januari 2012

Tersokong kinerja Apple, bursa Eropa dibuka naik

LONDON. Mayoritas bursa saham Eropa dibuka menguat, hari ini (25/1). Pasar Eropa tersokong sentimen positif kenaikan kinerja laba Apple Inc. Apalagi, investor juga sedang menanti proyeksi suku bunga acuan AS yang bakal dirilis oleh Federal Open Market Committee, hari ini.

Indeks acuan Stoxx Europe 600 naik 0,1% ke posisi 256,32 pada pukul 8.03 waktu London. Lebih dari empat saham reli berbanding setiap satu saham yang jatuh. Laju bursa Eropa ini seirama dengan pergerakan indeks regional MSCI Asia Pacific yang maju 0,9% pada hari ini.

Apple Inc. membukukan laba bersih di kuartal terakhir 2011 sebesar US$ 13,06 miliar, atau naik 118% dari periode yang sama di 2010. Di kuartal keempat lalu, perusahaan ini berhasil menjual sebanyak 37 juta unit iPhone.

Saham sektor teknologi ikut melaju terimbas sentimen positif Apple, misalnya saham ARM Holdings Plc. yang reli sebesar 4,4%. Namun, saham Ericsson AB justru anjlok 13% setelah melaporkan laba bersih kuartal keempat melenceng dari perkiraan analis.

"Ini adalah perusahaan terbesar yang pernah saya lihat, dengan pertumbuhan laba tercepat," kata Kenneth Schapiro, presiden Condor Capital Management, di New Jersey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar