Jumat, 02 Maret 2012

Harga minyak mendekati level tertinggi sepekan

Harga minyak mendekati level tertinggi sepekan
NEW YORK. Harga minyak dunia ditransaksikan mendekati level tertinggi dalam seminggu terakhir di New York. Pada pukul 10.55 waktu Sydney, harga kontrak minyak untuk pengantaran April berada di posisi US$ 108,87 per barel di New York Mercantile Exchange.
Sebelumnya, kontrak yang sama naik US$ 1,77 menjadi US$ 108,84, yang merupakan level tertinggi sejak 24 februari lalu. Sepanjang pekan ini, harga minyak sudah turun 0,8% dan naik 6m5% dalam setahun terakhir.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent naik 2,9% menjadi US$ 126,20 sebarel di ICE Futures Europe Exchange London.

Kenaikan harga minyak seiring pulihnya ekonomi AS. Hal itu memicu spekulasi bahwa permintaan minyak akan menanjak. Faktor lainnya adalah ketegangan bahwa suplai minyak dari Iran akan terpangkas.

Kemarin, harga minyak di New York sempat menanjak di atas level US$ 110 per barel untuk kali pertama sejak Mei 2011. Lonjakan tersebut terjadi setelah TV nasional Iran melaporkan adanya ledakan di kilang minyak Arab Saudi. Meski begitu, menurut Juru Bicara Menteri Dalam Negeri Arab Saudi Major General Mansour Al-Turki, tidak ada sabotase terkait kejadian itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar