Jumat, 02 Maret 2012

Kebijakan ECB akan Bawa Bursa Eropa Positif

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa pada perdagangan Jumat (2/3/2012) berpotensi akan menguat sebagai dampak dari Long Term Refinancing Operation (LTRO) dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks FTSE diprediksi akan menguat 8 poin, indeks DAX akan naik 22 poin dan indeks CAC akan naik 14 poin. Bursa Asia telah menguat terlebih dulu dengan indeks Hang Seng naik 0,9%, indeks Nikkei naik 0,7%, indeks Shanghai naik 1,08%, indeks ASX naik 0,4%. Demikian mengutip cnbc.com.

Presiden ECB, Mario Draghi mengatakan perbankan Eropa sangat terbantu dengan kebijakan LTRO yang menawarkan suntikan dana murah sekitar 500 miliar euro. Hal ini mengurangi kekhawatiran tidak ada solusi bagi krisis Eropa.

Pada pertemuan KTT Uni Eropa Kamis, pembicaraaan tidak didominasi oleh masalah Yunani. Perselisihan antar pemimpin Eropa yang mengusung penghematan telah selesai. Dengan demikian semua pihak sudah terfokus pada memulihkan krisis Eropa.

Minyak mentah dunia di pasar Asia hari ini melemah. Harga minyak AS jenis lgiht sweet turun 0,3% menjadi US$108,49 per barel melalui transaksi elektronik di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman April. Sementara harga minyak jenis Brent turun 0,3% ke US$125,82 per barel di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar