Jumat, 02 Maret 2012

Wow, harga komoditas dunia melonjak tinggi

Wow, harga komoditas dunia melonjak tinggi
NEW YORK. Harga komoditas menanjak ke level tertinggi sejak Mei 2011. Hal itu tercermin dari pergerakan indeks Standard & Poor's GSCI Spot yang mengukur pergerakan harga 24 komoditas dunia. Pada pukul 15.48 waktu New York, GSCI Spot Index naik 1,4% menjadi 713,18. Sebelumnya, indeks tersebut sempat menyentuh level 717,45, yang merupakan level tertinggi sejak 5 mei lalu.

Lonjakan indeks komoditas dunia ini dipimpin oleh kenaikan harga energi. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kemarin, harga minyak menembus US$ 110 per barel untuk kali pertama dalam sepuluh bulan terakhir. Sedangkan harga kontrak emas rebound dari penurunan terbesar tahun ini.

Adapun sejumlah faktor yang menyebabkan kenaikan harga energi antara lain laporan mengenai ledakan kilang minyak di Saudi Arabia yang memicu kecemasan bahwa suplai minyak dunia akan terpangkas. Selain itu, ketegangan antara AS dan Iran juga menambah kecemasan tersebut. Harga komoditas juga naik setelah data menunjukkan lonjakan pada indeks manufaktur China, penjualan otomotif AS yang melampaui prediksi analis, dan data pengajuan klaim pengangguran AS yang menurun.

"Harga minyak didorong oleh ketakutan dan kecemasan mengenai penurunan suplai minyak. Kita juga melihat data positif di China yang turut mendongkrak kenaikan harga logam," jelas Dennis Cajigas, senior market strategist Zaner Group di Chicago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar