Senin, 05 Maret 2012

Rupiah catatkan pelemahan terbesar di Asia

Rupiah catatkan pelemahan terbesar di Asia
KUALA LUMPUR. Pagi ini, rupiah mencatatkan pelemahan terbesar di antara mata uang Asia lainnya. Pada pukul 10.27, rupiah melemah 0,6% menjadi 9.135 per dolar. Sementara, ringgit Malaysia melemah 0,4% menjadi 3,0155. Sedangkan peso Filipina melemah 0,4% menjadi 42,38 dan won Korea Selatan melemah 0,3% menjadi 1.118,90.

Pelemahan tersebut menyebabkan the Bloomberg-JPMorgan Asia Dollaer indeks mencatatkan penurunan terbesar sejak 14 Februari lalu.

Pelemahan mata uang Asia pagi ini terjadi di tengah kecemasan investor akan perlambatan ekonomi global. Jika hal itu terjadi, mata outlook perusahaan berbasis ekspor di kawasan regional akan negatif.

Asal tahu saja, China menargetkan, pertumbuhan ekonomi global tahunannya akan mencatatkan penurunan terbesar sejak 2004 lalu. Hal ini sejalan dengan langkah bank sentral yang memangkas tingkat suku bunga acuannya. "Target mengenai tingkat Produk Domestik China menunjukkan pertumbuhan ekonomi Asia juga akan menurun karena mayoritas ekonomi di kawasan regional saat ini masih bertumpu pada ekspor," jelas Vishnu Varathan, ekonom Mizuho Corporate Bank Ltd di Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar