Jumat, 25 November 2011

Fitch Downgrade Kredit Portugal ke 'Junk'

Fitch Downgrade Kredit Portugal ke 'Junk'
INILAH.COM, Jakarta - Fitch mendowngrade status kredit Portugal ke junk (sampah) pada hari Kamis, mengutip ketidakseimbangan fiskal yang besar, utang yang tinggi dan risiko untuk program penghematan Uni Eropa, memandatkan prospek ekonomi yang memburuk.

Reuters melaporkan Fitch memangkas rating Portugal menjadi 'BB+' dari 'BBB-', yang masih satu tingkat lebih tinggi dari Moody's Ba2. S & P masih menempatkan Portugal di investment grade.

Fitch mengatakan resesi membuat itu jauh lebih menantang bagi pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran tetapi masih memperkirakan tujuan fiskal yang harus dipenuhi baik tahun ini dan berikutnya. "Namun, risiko tergelincir- baik dari kondisi makroekonomi lebih buruk atau tidak mengontrol pengeluaran- adalah besar," kata Fitch.

Tantangan ekonomi jelas, dalam jajak pendapat Reuters pada hari Kamis, di mana ekonom memperkirakan ekonomi Portugal akan kontraksi 2,9 persen tahun depan, resesi terdalam sejak 1970-an, dan 1,6 persen tahun ini, sejalan dengan perkiraan pemerintah. Harga obligasi Portugal berjangka waktu 10 tahun jatuh, mengirimkan yield melonjak lebih dari 100 basis poin menjadi 13,85 persen - tingkat tertinggi kedua di euro setelah Yunani.
Spread Bund Jerman juga naik lebih dari 100 basis poin menjadi 1.168.

Downgrade dari Portugal muncul setelah kerusakan yang dramatis dari krisis zona euro dalam beberapa pekan terakhir karena sudah menyebar ke negara-negara seperti Italia dan Spanyol. "Prospek yang memburuk di wilayah membantu menginformasikan downgrade (Portugal)," kata Rabobank dalam sebuah catatan analis. "Ini, pada gilirannya, menggarisbawahi risiko sistemik jauh melebihi instalasi."

Portugal mencari bailout sebesar 78 miliar euro dari Uni Eropa dan IMF awal tahun ini dan telah mengadopsi langkah-langkah penghematan untuk membawa account publik di bawah kontrol. Portugal di bawah program pinjaman harus mengurangi defisit anggaran menjadi 5,9 persen dari produk domestik bruto tahun ini dari sekitar 10 persen pada tahun 2010. Tahun depan harus mengurangi defisit lebih lanjut sebesar 4,5 persen.

Fitch mengatakan sektor bisnis adalah sumber utama dari risiko fiskal dan telah menyebabkan sejumlah revisi terhadap utang dan figur defisit anggaran tahun ini. Pemerintah mengatakan ada pengurangan fiskal secara tak terduga sekitar 3 miliar euro tahun ini. "Mengingat risiko penurunan, kami melihat kemungkinan yang signifikan bahwa langkah-langkah konsolidasi lebih lanjut akan dibutuhkan hingga tahun 2012," kata Fitch.

Posisi utang Portugal mencapai puncaknya sebesar 116% dari PDB pada tahun 2013 dari 93,3% pada akhir tahun lalu. Filipe Garcia, ekonom di Informacao de Mercados Financeiros, mengatakan bahwa sementara downgrade tidak mengubah kondisi keuangan pemerintah meskipun sudah dibailout, itu bisa memperburuk situasi bagi perusahaan. "Di mana (downgrade) memiliki dampak pada perusahaan, seperti bank dan penerbit lainnya seperti EDP atau Brisa, yangmana peringkat sangat dipengaruhi oleh sovereign rating, membuat mereka dalam situasi yang lebih sulit."

Badan itu mengatakan krisis utang Portugal menimbulkan risiko besar bagi bank negara itu. "Rekapitalisasi dan penyediaan likuiditas darurat meningkat dari ECB ke bank-bank Portugal, dalam penglihatan kami, diperlukan dan diberikan," katanya.

Dengan bail out sebesar 12 miliar euro, Portugal telah disisihkan untuk pembiayaan bank jika diperlukan. Fitch mengatakan situasi fiskal atau ekonomi dapat menyebabkan penurunan yang memburuk lebih lanjut. "Selanjutnya, meskipun Portugal didanai hingga akhir tahun 2013, risiko likuiditas dapat bertambah ke arah berakhirnya program jika kondisi pasar yang buruk bertahan," kata Fitch. Pemerintah berharap untuk kembali meningkatkan utang di pasar keuangan pada akhir tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar