Jumat, 25 November 2011

Tembus 3.750, IHSG Kembali ke Atas 3.800

INILAH.COM, Jakarta – Laju IHSG Jumat (25/11) ini diprediksi alami technical rebound. Jika tembus resistance 3.750, bakal kembali bertenger di atas 3.800. Bagaimana penjelasan teknikalnya?

Analis Reliance Securities Gina Novrina Nasution mengatakan, secara teknikal, indeks akan mengalami technical rebound akhir pekan ini. Sebab, secara candlestick, berpotensi menguat. Begitu juga dengan indikator William%R-nya yang juga berada pada area jenuh jual (oversold) sehingga ada potensi pembalikan arah (menguat) dalam jangka pendek.

Tapi,lanjutnya, semua indikator itu, tidak cukup kuat sehingga peluang penguatan terbatas terutama jika gagal menembus resistance 3.750. “Jika tembus atau ditutup di level 3.751, indeks punya peluang melanjutkan penguatan dan kembali tembus 3.800,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Kamis (24/11), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup menguat tipis 9,02 poin (0,24%) ke level 3.696,032 dengan intraday tertinggi 3.696,89 dan terendah 3.659,434. Begitu juga indeks saham unggulan LQ45 yang naik 2,26 poin (0,35%) ke angka 653,303. Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG berhasil mendarat pada teritori positif. Bagaimana Anda melihat arah market akhir pekan ini?

IHSG berakhir positif pada perdagangan kemarin setelah laporan Gross Domestic Product (GDP) Jerman yang dirilis sesuai ekspektasi 0,5% untuk kuartal III-2011. Artinya, Jerman masih tumbuh sehingga jadi sentimen positif bagi bursa Eropa sehingga dibuka mengalami penguatan terbatas kemarin.

Sebab sebelumnya, pelemahan Dow Jones kemarin malam, juga karena memang akibat lonjakan yield oblgasi di eurozone yang mencerminkan kecemasan pasar. Sebab, ada 17 negara di Uni Eropa yang bakal terkena penyebaran krisis utang setelah Yunani. Karena GDP Jerman itu, IHSG pun pada akhirnya ditutup positif kemarin yang dipimpin oleh kenaikan saham-saham di sektor perbankan dan saham Astra (PT Astra Internasional).

Bagaimana dengan faktor Thanksgiving Day?
Setelah libur (Thanksgiving Day) Dow Jones kemarin, secara historis Dow selalu mengalami kenaikan. Sebab, profit taking sebelumnya, juga dipicu oleh faktor libur itu. Setelah usai, mereka kembali melakukan aksi beli. Karena itu, akhir pekan ini, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan kenaikan yang terbatas.

Level support dan resistance-nya?
IHSG memiliki resistance 3.750 dan support kuatnya di level 3.621. Jika ditembus, support berikutnya 3.500.

Penjelasan teknikalnya bagaimana?
Secara teknikal, indeks akan mengalami technical rebound akhir pekan ini. Sebab, secara candlestick, berpotensi menguat. Begitu juga dengan indikator William%R-nya yang juga berada pada area jenuh jual (oversold) sehingga ada potensi pembalikan arah (menguat) dalam jangka pendek.

Tapi, semua indikator itu, tidak cukup kuat sehingga peluang penguatan terbatas terutama jika gagal menembus resistance 3.750. Jika tembus atau ditutup di level 3.751, indeks punya peluang melanjutkan penguatan dan kembali tembus 3.800.

Saham-saham apa saja yang jadi pilihan Anda?
Saya rekomendasikan positif saham-saham di sektor perbankan, infrastruktur dan pertambangan. PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan PT Bank Negara Indoensia (BBNI). Ketiga saham ini, secara teknikal stochastic sudah mengalami golden cross. Telah terjadi perpotongan stochastic antara line %D memotong ke atas atas (%R) sehingga berpotensi menguat. Jadi, jika dilihat secara teknikal, ketiga saham ini sudah distribusi lanjut.

Lalu, PT Bank Central Asia (BBCA), PT United Tractor (UNTR), PT Jasa Marga (JSMR), PT Perusahaan Gas Negara (PGAS), PT Harum Energy (HRUM) dan PT Adaro Energy (ADRO).

Strategi trading-nya?
Saya rekomendasikan trading buy saham-saham tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar