Jumat, 25 November 2011

Kekhawatiran Lanjut, Saham Eropa Bakal Melorot

Kekhawatiran Lanjut, Saham Eropa Bakal Melorot
INILAH.COM, London - Saham Eropa perkirakan akan dibuka turun pada perdagangan Jumat (25/11) karena kekhawatiran berlanjut bahwa krisis utang zona euro bukan solusi lebih dekat untuk bertahan hidup.

CNBC melaporkan indeks FTSE akan turun 17 poin, indeks DAX turun 7 poin, dan indeks CAC 40 turun 8 poin. Pertemuan kamis antara Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Italia, Mario Monti menunjukkan kesepakatan ketiganya untuk menghormati independensi Bank Sentral Eropa. Mereka juga berjanji untuk mengusulkan undang-undang yang akan memungkinkan modifikasi dari perjanjian Uni Eropa untuk mendorong integrasi ekonomi dan politik antara negara-negara zona euro. Di samping itu, Sarkozy dan Merkel sepakat untuk mengakhiri perselisihan publik mereka terhadap peran yang tepat untuk ECB dalam krisis ini.

Meskipun semua suara positif dari para pemimpin Eropa gagal untuk meredakan kekhawatiran investor, euro jatuh ke posisi terendah tujuh minggu pada hari Jumat.

Peringkat kredit Portugas dipangkas ke status junk (sampah) oleh lembaga pemeringkat Fitch. Dengan mencatat ketidakseimbangan fiskal yang besar dan utang yang tinggi di semua sektor, Fitch menurunkan peringkat negara ini dari 'BBB-' menjadi 'BB+'. Selain itu, Moody's Jumat menurunkan peringkat kredit Hongaria ke Ba1, di bawah investment grade di tengah kekhawatiran bahwa pemerintah akan mampu mengatasi pertumbuhan yang rendah, ketidakpastian fiskal dan utang yang tinggi.

Di AS, Black Friday, yang menandai awal musim belanja Natal dan terlihat pengecer menawarkan diskon besar untuk mendorong pembeli akan diawasi ketat oleh para analis untuk mengukur kesehatan konsumen Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar