Jumat, 25 November 2011

Untuk Sesi 9, Saham Eropa Dibuka Turun

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa pada perdagangan Jumat (25/11) dibuka melemah untuk kesembilan kalinya dalam 10 sesi dan mengarah untuk mengirimkan kerugian terbesar mingguan mereka dalam dua bulan, diseret oleh kekhawatiran mendalam atas krisis utang zona euro dan prospek ekonomi global.

Reuters melaporkan FTSEurofirst 300 indeks, indeks saham top Eropa turun 0,2 persen ke 898,31. Indeks acuan telah kehilangan sekitar 13 persen sejak akhir Oktober.

Saham tambang turun terbesar sekaligus menjadi pecundang kejatuhan saham pagi waktu London, di mana Xstrata jatuh 0,6 persen dan Antofagasta turun 1,1 persen. "Investor ketakutan oleh ketidakpastian makro-ekonomi. Ada lelurangan pembeli yang tercermin dalam volume perdagangan yang 'anemia'," kata Fabrice Couste, kepala dari CMC Markets, Perancis.

"Pasar ini sangat teknis, dan cukup sulit bagi fund manager yang perlu menaruh uang untuk bekerja. Dalam jangka pendek hingga menengah, hanya tempat yang aman tampaknya menjadi melintasi Atlantik, di T-bills AS, meskipun terjadi kebuntuan politik terkait nominal pengurangan defisit."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar