Rabu, 16 November 2011

Sst.. Hari Ini IHSG Cenderung Flat

INILAH.COM, Jakarta - Hari ini bursa regional dan IHSG diperkirakan akan berjalan flat, cenderung menguat tipis. Secara TA, IHSG akan bergerak dalam range 3770-3859.

Demikian dikutip dari hasil riset pengamat pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, Rabu (16/11). Pergerakan IHSG didorong penguatan tipis indeks Dow Jones serta naiknya kembali harga minyak mentah dan membaiknya data-data ekonomi AS serta cepatnya pembentukan kabinet baru di Italia.

Sentimen negatif dari penyebaran krisis utang di Eropa, membuat pelaku pasar masih belum berani untuk menambah portofolio mereka. "Hal ini yang membuat likuiditas di market menjadi kering, sehingga transaksi cenderung sepi," katanya.

Dalam situasi market yang kekeringan likuiditas seperti ini, disarankan agar tidak terlalu over trade. Untuk saham-saham yang layak diperhatikan hari ini adalah AALI dan ICBP.

Pada perdagangan Selasa kemarin, IHSG ditutup turun 19,198 poin (-0,51%) ke level 3.813,842. Posisi investor asing mencatatkan net buy tipis sebesar Rp4 miliar. Sedangkan semalam bursa eopa ditutup turun, namun bursa Wall Street mampu ditutup menguat.

Melonjaknya yield obligasi Italy yang kembali menembus 7% menjadi kekhawatiran bagi investor. Apalagi yield surat utang Spanyol dan Prancis juga ikut-ikutan meningkat.

"Ini menjadi indikasi bahwa masih butuh waktu untuk menyelesaikan krisis hutang di Eropa. Namun membaiknya data-data ekonomi US mampu membuat Bursa Wall Street berbalik arah menguat meski tipis," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar