Rabu, 16 November 2011

Mayoritas bursa Asia bergerak fluktuatif

Mayoritas bursa Asia bergerak fluktuatif
TOKYO. Mayoritas bursa saham Asia bergerak di dua arah (fluktuatif) dengan kecenderungan melemah. Fluktuasi terjadi setelah pasar diwarnai sentimen negatif dan positif sekaligus. Indeks MSCI Asia Pasifik tercatat turun tipis 0,1% ke 117,60 pada pukul 9.56 WIB waktu Tokyo.

Sementara, indeks Nikkei 225 tergelincir 0,02%. Lalu, indeks Hang Seng terkoreksi 0,64%, indeks Shanghai melemah 0,42%. Adapun, indeks Kospi masih reli 1,05%, dan indeks S&P/ASX 200 naik tipis 0,02%.

Sentimen positif di pasar muncul setelah rilis penjualan ritel Amerika Serikat (AS) melampaui perkiraan pasar. Namun, sentimen tersebut tergerus sebab yield obligasi Italia melonjak karena kekhawatiran pemerintahan baru Italia harus berjuang untuk memangkas utang dan mencegah penyebaran krisis utang.

Prasad Patkar dari Platypus Asset Management Ltd. menilai, AS sepertinya akan kembali di jalur pemulihan. Ini akan sangat membantu karena merupakan ekonomi terbesar di dunia dan memperbaiki sentimen utama di pasar. "Investor di seluruh dunia akan senang jika Eropa tidak menularkan racun krisis," ungkapnya di Sydney, Rabu (16/11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar