Kamis, 29 Desember 2011

Situasi Eropa memburuk, harga emas mencatatkan penurunan

Situasi Eropa memburuk, harga emas mencatatkan penurunan
NEW YORK. Harga kontrak emas melorot kemarin malam. Asal tahu saja, harga kontrak emas untuk pengantaran Febuari turun 2% menjadi US$ 1.564,10 per troy ounce pada pukul 13.47 waktu New York di Comex, New York.

Tidak hanya itu, harga kontrak perak juga dilanda aksi jual sehingga melorot ke level terendah dalam tiga bulan terakhir. Harga kontrak perak untuk pengantaran Maret anjlok 5,2% menjadi US$ 27,234 per troy ounce di Comex, New York. Sebelumnya, harga perak sempat bertengger di posisi US$ 27,10 per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 26 September lalu.

Penurunan harga komoditas ini terjadi seiring dengan kian memburuknya krisis utang Eropa. Seperti yang diberitakan sebelumnya, neraca Bank Sentral Eropa menembus rekor baru senilai 2,73 triliun euro atau US$ 3,55 triliun. Pada pekan lalu, Bank Sentral Eropa sudah menggelontorkan pinjaman tiga tahun kepada 523 perbankan dengan nilai total 489 miliar euro untuk mendongkrak pengucuran kredit. Sejauh ini, perbankan hanya menyimpan dananya kembali ke Bank Sentral Eropa.

"Apa yang terjadi di Eropa sangat mencemaskan. Penguatan dollar menyebabkan harga komoditas melorot, termasuk didalamnya harga emas," jelas James Dailey dari TEAM Financial Management LLC di Pennsylvania.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar