Senin, 02 Januari 2012

Bursa Asia Mayoritas Libur, Korea dan Taiwan Mixed

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Bursa saham Korea dan Taiwan adalah yang pertama dibuka di Asia pada awal tahun ini.

Bursa saham Seoul dibuka menguat, sementara bursa saham di Taiwan dibuka datar yang kemudian mengarah negatif. Berdasar data yang dikutip dari CNBC.com, Senin (2/1), bursa saham Seoul dibuka naik 0,33%. Namun keuntungan (gain) yang dicatatkan tertutupi oleh sikap investor yang menanti data ekonomi AS dan laporan kinerja perusahaan-perusahaan Korea untuk memberikan sinyal kejelasan arah.

Saham yang memimpin penguatan adalah saham-saham teknologi, diantaranya saham Hynix Semiconductor yang naik 4,33%. Indeks KOSPI naik sekitar 0,4% ke 1.833 sekitar satu jam setengah setelah pembukaan perdagangan.

Sedangkan bursa saham Taiwan dibuka datar, namun kemudian melemah seiring dengan sikap investor yang berhati-hati menjelang pemilihan presiden dan minimnya sentimen saat bursa Asia ditutup pada akhir tahun lalu.

Indeks TAIEX turun 0,38% ke 7.044 pada awal sesi perdagangan. Sepanjang 2011, indeks tersebut kehilangan 21% yang merupakan kinerja terburuk sejak 2008.

Saham TSMC, produsen chip ternama di dunia, tergelincir 0,92%, tertekan sektor elektronik yang jatuh 0,22%. Sektor keuangan tergelincir 0,15%.

Bursa saham Taiwan tengah fokus pada pemilihan presiden yang akan digelar pada 14 Januari 2012. Pelaku pasar menanti apakah dengan kepemimpinan yang baru akan memilih langkah memperdalam integrasi ekonomi dengan China daratan atau sebaliknya, yang berpotensi semakin mempertegang hubungan kedua negara. Investor asing memborong dolar Taiwan pada perdagangan Jumat pekan lalu, dengan total nilai mencapai 39,38 miliar dolar Taiwan pada Desember 2011.

Beberapa pasar saham di wilayah ini masih ditutup selama libur tahun baru, termasuk Australia, China, Hong Kong dan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar