Senin, 02 Januari 2012

Bursa Eropa Menguat Tipis

Medium
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa menguat tipis pada perdagangan Senin (2/1) meskipun bursa saham Inggris masih tutup.

Saham sektro utilities menjadi penggerak indeks. Indeks saham bluechip naik 0,2%. Pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu atau perdagangan terakhir, bursa Eropa jatuh ke level terendah sejak 2008 lalu.

"Volume perdagangan masih sangat rendah. Saya pikir akan menjadi tahun yang sulit ke depan," kata Mark Iman, analis dari ETX Capital yang dikutip dari reuters.com.

Tahun 2012 ini, indeks tetap akan tertekan oleh krisis utang dan berita dari Italia yang sedang kesulitan anggaran. Krisis Eropa berkepanjangan karena mereka tidak dapat melakukan solusi yang terbaik.

Pasar masih minim sentimen karena bursa AS dan bursa Inggris masih libur. Demikian juga dengan bursa saham Asia mayoritas masih libur seperti bursa China, Hong Kong, Australia dan Jepang.

Bursa Asia hanya digerakkan indeks Kospi yang turun 0,4%. Pasar menerima sentimen negatif dengan kekhawatiran terhambatnya pemulihan ekonomi global di tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar