Selasa, 24 Januari 2012

Investor bernafas lega, bursa AS kembali positif

NEW YORK. Wall Street masih melanjutkan reli kemarin malam. Pada pukul 16.00, indeks Standard & Poor's 500 mencatatkan kenaikan 0,1% menjadi 1.316. Dengan demikian, dalam lima hari terakhir, indeks S&P 500 sudah melonjak sebesar 2,1%. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,1% menjadi 12.708,82.

Beberapa saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS antara lain Chesapeake Energy Corp yang naik 6,3%, Bank of America Corp naik 2,6%, dan Procter & Gamble Co anjlok 1,9%.

Kenaikan bursa AS ini dipicu oleh lonjakan saham-saham di sektor energi dan perbankan. Selain itu, investor juga menyambut positif langkah Eropa untuk mengatasi krisis utangnya.

"Ada sejumlah rasa lega terkait pertumbuhan ekonomi AS dan kemampuan Eropa untuk mengatasi krisis utangnya," jelas Hayes Miller, head of asset allocation Baring Asset Management di Amerika Utara.

Sekadar catatan, indeks S&P 500 sudah reli selama empat hari belakangan. Data kinerja perusahaan mulai dari Goldman Sachs Group Inc hingga Union Pacific Corp berhasil melampaui estimasi analis. Data Bloomberg menunjukkan, dari 52 emiten dalam S&P 500 yang melaporkan kinerjanya sejak 9 Januari lalu, sekitar 34 di antaranya melampaui proyeksi yang ditetapkan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar