Selasa, 24 Januari 2012

Volume trading di bursa AS jatuh ke titik terendah

NEW YORK. Volume trading di bursa AS jatuh ke level terendah sejak 2008. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, rata-rata saham yang berpindah tangan dalam 50 hari yang berakhir 18 Januari, hanya mencapai 6,69 miliar saham. Ini merupakan rekor terendah sejak Bloomberg merilis data ini tiga tahun lalu. Sementara, di New York Stock Exchange, volume perdagangan anjlok ke level paling rendah sejak 1999.

Adanya perlambatan pada perdagangan saham ini menunjukkan bahwa investor masih tetap cemas setelah penarikan besar-besaran dari mutual fund atas saham AS lima tahun terakhir. Selain itu, tahun 2011 merupakan tahun yang paing volatil bagi pergerakan indeks Standard & Poor's 500.

Namun, pada awal tahun ini, indeks mencatatkan reli Januari terbaik sejak 1997. Padahal, perusahaan sekuritas di seluruh dunia sudah memangkas lebih dari 200.000 pekerjanya pada tahun lalu.

"Kepercayaan investor masih terguncang. Mereka harus diyakinkan dengan data ekonomi AS yang membaik. Harus ada strategi jitu yang dirilis pimpinan Eropa dalam menangani krisis utangnya. Jika itu semua terpenuhi, volume transaksi akan kembali naik," papar Mark Turnet, head of US sales trading di Instinet Inc di New York.

Sekadar catatan, volume trading harian sempat mencapai 12 miliar saham pada Mei 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar