Jumat, 10 Februari 2012

Analis: Yunani bisa menjadi katalis kenaikan IHSG

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi memiliki cukup katalis untuk bangkit. Managing research Indosurya Asset Management, Reza Priyambada, pada Jumat pagi (10/2), mencermati, bullishnya bursa Wall Street dan bursa Eropa, tentunya akan memberikan confidence (kepercayaan) investor untuk melakukan aksi beli.

Reza juga berharap kesepakatan pimpinan Yunani untuk menyetujui kebijkan yang diajukan sebagai persyaratan untuk mendapatkan dana talangan Internasional, dapat direspon positif untuk pasar saham domestik.

"Walaupun tentu investor juga masih melihat respon dan arah gerakan bursa saham Asia lainnya, seperti Hang Seng, Nikkei, dan Shanghai," jelas Reza.

Oleh karena itu, hari ini, Jumat (10/20, Reza memprediksikan IHSG memiliki peluang dibuka di zona hijau, dengan resistance di 3.994-4.007 dan adapun support IHSG ada di posisi 3.939-3.959.

Menurut Reza, pada penutupan IHSG kemarin (9/2), ada kecenderungan bursa bergerak sudah mulai terangkat sehingga walaupun masih ditutup di zona merah, namun koreksinya cenderung menipis.

Reza bilang, pemangkasan BI Rate ke 5,75%, level terendahnya sepanjang masa, masih belum signifikan berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Meski ada kecenderungan, di tengah ketidakpastian pasar saham, investor asing banyak mengalihkan dananya ke Surat Utang Negara (SUN) terutama untuk SUN bertenor pendek, dalam rangka wait and see.

"Kondisi ini terlihat dari yield SUN tenor pendek yang turun cukup signifikan, pada penutupan Kamis (9/2) dan menjadi hal yang positif bagi pasar modal Indonesia karena dana investor asing tidak keluar dari pasar Indonesia tapi hanya berpindah instrumen," tanggap Reza.

Rekomendasi saham yang diajukan oleh Reza, antara lain saham PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), PT Astra International Tbk (ASII), PT Semen Gresik (Persero)Tbk (SMGR) dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF). "Saham GJTL dan ASII telah berada di lower bollinger bands yang menandakan ada peluang kenaikan," pungkas Reza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar