Jumat, 10 Februari 2012

Bailout Yunani Gol, Wall Street ke Zona Positif

Dana Pensiun Yunani Picu Market Lunglai
INILAH.COM, New York - Bursa saham Amerika Serikat (Wall Street) ditutup menguat pada perdagangan saham Kamis (9/2).

Hal itu didorong setelah Yunani mencapai kesepakatan untuk mengamankan bailout, tetapi investor cenderung berhati-hati setelah terjadi penguatan beberapa minggu ini. Indeks Dow Jones naik 6,51 poin atau 0,05% ke level 12.890,46. Indeks S&P 500 naik 1,99 poin atau 0,15% ke level 1.351,95. Indeks Nasdaq naik 11,37 poin atau 0,39% ke level 2.927,23.

Skeptimisme Yunani untuk menindaklanjuti langkah-langkah penghematan yang dijanjikan membuat investor ragu-ragu untuk meningkatkan pembelian saham. Investor enggan membeli saham secara agresif tanpa katalis signifikan.

Para pemimpin Yunani setuju pada reformasi dan langkah-langkah penghematan yang diperlukan dalam pertukaran terhadap bailout baru untuk menghindari default. "Ada beberapa negoisasi dan bantuan yang diutarakan sejauh ini, tetapi negoisasi bisa saja bermakna salah. Pada saat yang sama masih ada beberapa kekhawatiran bahwa kesepakatan ini tidak cukup," ujar Chief Market Strategist ConvergEx Nicholas Colas seperti dikutip dari yahoofinance.

Pejabat zona Euro mengatakan, paket lengkap harus disepakati dengan Yunani dan disetujui oleh Uni Eropa, IMF, dan bank sentral Eropa pada 15 Februari 2012. Hal ini dilakukan agar itu diselesaikan tepat pada waktunya untuk menghindari gagal bayar yang dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan global. Sentimen positif ke bursa saham adalah laporan yang menunjukkan klaim pengangguran turun pekan lalu. Hal ini menggarisbawahi ada perbaikan dalam pasar tenaga kerja.

Sementara itu, indeks saham Nasdaq naik didorong dari kenaikan saham Apple yang mencatatkan rekor. Saham Apple naik 3,5% menjadi US$493,17. Indeks S&P sektor teknologi naik 1%. Di sisi lain, saham Cisco Systems Inc turun 2,1% menjadi US$20 setelah prediksi perseroan tidak membuat investor tertarik. Saham PepsiCo Inc turun 3,7% menjadi US$64,27 setelah perseroan melaporkan perkiraaan pendapatan yang lebih rendah pada 2012. Selain itu, perseroan akan memangkas ribuan pekerja. Saham Groupon Inc turun 14% menjadi US$21,17. Perseroan mencatatkan kerugian tak terduga dalam laporan kuartal pertama. Saham Diamond Foods Inc turun 37% menjadi US$23,13. Saham Expdedia Inc turun 6,3% menjadi US$32 setelah melaporkan laba kuartal yang lebih rendah. Saham True Religion Apparel Inc turun 22% menjadi US$28,50. Saham Linkedln naik 6,3% menjadi US$81,18 setelah pendapatan kuartal keempat yang mengalahkan ekspetasi.

Volume perdagangan saham sekitar 7,30 miliar saham di New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan Nasdaq sedikit di bawah rata-rata harian tahun lalu mencapai 7,84 miliar saham. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar