Rabu, 07 Maret 2012

Kontraksi ekonomi Eropa bikin Wall Street meradang

Kontraksi ekonomi Eropa bikin Wall Street meradang
NEW YORK. Pasar saham Amerika Serikat meradang, karena tersengat isu kontraksi perekonomian Eropa. Akibatnya, hari ini, indeks Standard & Poor's mengalami koreksi tertajam di 2012.

Indeks S&P 500 tumbang 1,2% ke level 1.348,28 pada pukul 9.42 waktu New York. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average terpangkas 1,1% ke posisi 12.817,80.

Bursa Wall Street tiarap setelah sebuah laporan hari ini menunjukkan, ekonomi Eropa di kuartal keempat lalu terkontraksi sebesar 0,3%. Apalagi, investor saat ini masih menunggu perkembangan kesepakatan restrukturisasi utang Yunani.

Beberapa saham yang turut menggerus indeks, seperti saham Citigroup Inc. dan Morgan Stanley yang tergelincir setidaknya 2,3%. Kemudian, saham Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, juga Alcoa Inc. yang masing-masing jatuh lebih dari 2,7%.

Kevin Caron, ahli strategi pasar di Stifel Nicolaus & Co. menilai, ada dua hal yang sedang terjadi di pasar. Menurutnya, sebagian besar data sejauh ini bergerak ke arah yang benar, yang menjelaskan mengapa pasar bisa lebih baik.

"Namun, mengapa pasar tidak bergerak lebih tinggi hari ini? Ini karena ada data yang lebih rendah dari perkiraan, dan beberapa kekhawatiran terkait proses restrukturisasi utang Yunani," ujarnya, di New Jersey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar