Senin, 28 November 2011

Pagi ini, euro perkasa atas dollar AS dan yen

Pagi ini, euro perkasa atas dollar AS dan yen
TOKYO. Pergerakan euro menguat pagi ini. Pada pukul 06.31 waktu Tokyo, euro menguat 0,6% menjadi US$ 1,3322 dari US$ 1,3239 pada 25 November lalu. Mata uang bersama 17 negara ini juga menguat 0,4% menjadi 103,35 yen. Sedangkan nilai tukar dollar berada di posisi 77,57 yen dari 77,73 yen.

Penguatan euro terjadi setelah harian La Stampa menulis, International Monetary Fund (IMF) sudah mempersiapkan dana pinjaman senilai 600 miliar euro atau US$ 794 miliar untuk Italia. Dana tersebut dipersiapkan jika krisis utang Italia memburuk sewaktu-waktu.

Sementara, penguatan euro terhadap yen terjadi setelah Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble menuntut untuk dilakukan perubahan perundang-undangan untuk memperketat disiplin anggaran.

"Terlihat bahwa sejumlah faktor akan mendorong Bank Sentral Eropa (ECB) untuk mengimplementasikan kebijakan di mana ECB akan menjadi badan penggelontoran pinjaman via IMF dan menciptakan stabilitas di kawasan Eropa. Sejumlah mata uang akan mencatatkan penguatan, seperti dollar Australia dan euro," jelas Greg Gibbs, currency strategist Royal Bank of Scotland HGroup Plc di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar