Senin, 12 Desember 2011

Bursa Asia rebound seiring optimisme terhadap Eropa & AS

Bursa Asia rebound seiring optimisme terhadap Eropa & AS
TOKYO. Bursa saham Asia rebound, mengakhiri koreksi dua hari berturut-turut yang terjadi pada pekan lalu. Investor kembali membeli aset berisiko, setelah para pemimpin Eropa meningkatkan dana talangan dalam pertemuan di Brussels pada akhir pekan lalu. Apalagi, indeks kepercayaan konsumen AS melebihi ekspektasi pasar.

Indeks MSCI Asia Pacific reli 0,9% ke 116,11 pada pukul 09.20 waktu Tokyo. Sekitar 11 saham naik berbanding setiap satu saham yang jatuh. Pada pekan lalu, indeks acuan bursa regional ini tumbang 2,2%. Ini terjadi setelah Standard & Poor's menyebut akan memangkas peringkat utang Jerman, Perancis dan 13 negara di tengah kian mendalamnya krisis utang di zona Euro.

Sementara, pagi ini, indeks Nikkei 225 sudah maju 1,45%. Lalu, indeks Kospi naik 1,5%, dan indeks S&P/ASX 200 menguat 1,25%.

Shane Oliver, kepala strategi investasi dari AMP Capital Investors Ltd. menilai, situasi di Eropa bergerak dalam arah yang benar. Namun, pasar perlu melihat lebih banyak kabar positif dari Eropa sebelum bisa meyakini itu. "Ini saat yang tepat untuk meningkatkan taruhan di pasar, apalagi jelang akhir tahun, di mana biasanya harga saham bergerak naik," ujarnya di Sydney.

Beberapa saham berkapitalisasi besar menyokong bursa. Di antaranya, saham Sony Corp, yang mengandalkan 21% penjualannya ke Eropa, naik 1,9% di Tokyo. Lalu, saham produsen mesin konstruksi dengan pasar terbesar di China, Komatsu Ltd. maju 2%, karena spekulasi China akan melonggarkan kebijakan moneter. Saham perusahaan tambang dan minyak terbesar di Australia, BHP Billiton Ltd. juga reli 2,3% di Sydney, setelah harga tembaga dan minyak mentah naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar