Selasa, 13 Desember 2011

Volatilitas tinggi, minat investor reksadana saham besar

JAKARTA. Meski pasar saham mengalami volatilitas tinggi, minat investor semakin justru makin besar di produk reksadana dengan underlying saham. Kondisi ini terlihat dari terus naiknya Unit penyertaan (UP) dari produk reksadana saham.

Mengutip riset PT Infovesta Utama, UP produk reksadana saham sampai akhir November lalu naik menjadi 23,9 miliar unit dari bulan sebelumnya sebesar 21,9 miliar unit. Analis PT Infovesta Utama, Edbert Suryajaya mengamati, tren kenaikan ini sudah berlangsung sejak Juli lalu.

"Bulan itu, UP reksadana saham sempat turun menjadi 14,5 miliar unit, tapi berhasil naik pada Agustus menjadi 17,3 miliar unit dan kembali bertambah di September menjadi 18,3 miliar unit," urai Edbert, Selasa (13/12).

Margin kenaikan paling besar terjadi dari bulan September ke bulan Oktober sebesar 19%. Edbert mengalkulasikan, jika dihitung dari Juli sampai November, UP Reksadana saham sudah naik 65%-an. "Kenaikan itu terhitung signifikan," ulasnya.

Namun dengan kemelorotan kinerja Indeks Harga Saham gabungan (IHSG), tentunya juga mempengaruhi dana kelolaan sampai akhir November ini. Selama November kemarin, IHSG sudah rontok 2% dan return produk reksadana saham, rata-rata rugi 3,27%. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika dana kelolaan untuk produk reksadana saham hasil riset Infovesta tercatat turun menjadi Rp 63,5 triliun dari bulan sebelumnya yang senilai Rp 64,6 triliun.

Sementara produk-produk reksadana saham yang menjadi tiga besar dalam jumlah dana kelolaan, posisi jawara masih diambil PT Schroder Investment management Indonesia dengan produknya yang bernama Schroder Dana Prestasi Plus sebesar Rp 11 triliun. Produk itupun terhitung turun dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 13,12 triliun.

Lalu di posisi kedua masih ada produk BNP Paribas Ekuitas milik PT BNP Paribas Investmrnt Partners yang pada akhir November dana kelolaannya sebesar Rp 6,6 triliun, turun tipis dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 6,78 triliun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar