Selasa, 13 Desember 2011

Emas terlindas penguatan dollar AS

Emas terlindas penguatan dollar AS
SINGAPURA. Harga emas kembali jatuh pada hari ke dua mengarah level terendah dalam tujuh minggu terakhir. Katalis penekannya adalah permintaan dollar AS yang membeludak karena investor kembali cemas atas kondisi krisis Eropa.

Emas di pasar spot turun 0,9% menjadi US$ 1.650,93 per ounce, level terendah sejak 25 Oktober. Logam mulia tersebut diperdagangkan di US$ 1.659,55 pada 10:23 waktu Singapura.

Di pasar Comex, emas untuk pengiriman Februari 2012 minus 0,3% menjadi US$ 1.663,10. Moody's Investor Services kemarin mengatakan, akan meninjau peringkat utang negara zona euro kuartal I 2012. Pertemuan pemimpin Uni Eropa yang tak membuahkan kesepakatan besar membuat investor lebih suka menarik dollar.

"Penguatan yang dialami dollar AS membuat harga emas menjadi lebih rendah," ujar Alexandra Knight, ekonom National Australia Bank Ltd. Menurutnya, pasar masih terus menerka, keputusan final apa yang bisa memperbaiki situasi ekonomi.

Pemimpin Uni Eropa berkumpul pekan lalu dengan tujuan meningkatkan dana penyelamatan Eropa dari krisis. Fitch Ratings berharap pertemuan itu bisa mengurangi tekanan terhadap peringkat obligasi Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar