Rabu, 24 Agustus 2011

Cemas pertemuan the Fed tak menghasilkan apapun, bursa Asia pun tergelincir

Cemas pertemuan the Fed tak menghasilkan apapun, bursa Asia pun tergelincir
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia tergelincir sore ini. Investor rupanya khawatirm pertemuan the Federal Reserve yang akan berlangsung di Jackson Hole, Wyoming, gagal mengumumkan program baru untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi global. Selain itu, sejumlah perusahaan di Asia juga mencatatkan kinerja yang beragam.

Pada pukul 15.43 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 1% menjadi 119,59. Padahal, pada transaksi pagi, indeks acuan Asia ini sempat naik 0,7%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 1,07% menjadi 8.639,61, indeks Hang Seng Hongkong turun 1,55% menjadi 19.567,60, dan indeks S&P/ASX 299 Australia turun 0,14% menjadi Rp 4.167,60.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: China Life Insurance Co dan Malaysian Airline System Bhd memimpin penurunan setelah membukukan kinerja buruk. Sementara, sejumlah perusahaan Australia seperti Suncorp Group Ltd dan WorleyParsons Ltd melaporkan pendapatan laba bersih yang melampaui estimasi analis.

"Saat ini investor enggan mengambil resiko. Mereka berpikir dua kali mengenai hasil pertemuan Jackson Hole. Sejumlah pelaku pasar memprediksi, hasil pertemuan nanti tidak akan sebaik yang diharapkan, sehingga mereka mengurangi pembelian," jelas Khiem Do, head of multi-asset strategy Baring Asset management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar