Rabu, 24 Agustus 2011

Latinusa Peroleh Lisensi Plat Timah Nippon Steel

Gb
Jakarta - PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) alias Latinusa bekerjasama dengan Nippon Steel Corporation (NSP) untuk meningkatkan efisiensi, kualitas dan kapasitas produksi Tinplate (plat timah). Latinusa memperoleh non-exclusive licenses dari teknologi Nippon Steel.

Menurut manajemen Latinusa, dalam keterangan tertulis kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan bersama NSP telah menandatangani perjanjian Agreement Regarding Technical Assistance for Operation of Electrolytic Tinning Line and Its Peripheral Facilities of Latinusa.

"Nilai transaksi afiliasi tersebut mencapai US$ 690 ribu," ungkap manajemen Latinusa di kantornya, Rabu (24/8/2011). NSP tercatat memiliki 35% saham perseroan.

Kerja sama teknologi ini, dipercaya menjadikan Latinusa penyedia Tinplate berkualitas namun dengan harga kompetitif. "Rencana kerjasama bantuan teknis (Technical Assistance) pengoperasian electrolytic tinning line dan fasilitas pendukungnya antara Perseroan dengan NSC adalah wajar," tuturnya.

Perseroan akan membayar kompensasi teknologi ini sebesar US$ 1 per ton produk Tinplate, yang dijual relatif lebih kecil dibandingkan manfaat (pendapatan dan laba) yang dihasilkan.

Sebagai informasi, anak usaha Krakatau Steel ini mencatat laba di triwulan I-2011 anjlok 90,23% menjadi Rp 2,74 miliar, dibanding laba periode yang sama tahun lalu Rp 28,05 miliar. Turunnya laba disebabkan berkurangnya penjualan serta beban pokok penjualan hanya turun tipis.
(wep/dru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar