Rabu, 24 Agustus 2011

Meski diintervensi, yen masih saja perkasa

Meski diintervensi, yen masih saja perkasa
TOKYO. Yen bergerak kian perkasa terhadap mayoritas mata uang utama dunia. Pelaku pasar tak mengindahkan pengumuman Menteri Keuangan Yoshihiko Noda berupa paket stimulus senilai US$ 100 miliar yang ditujukan untuk menahan laju penguatan yen.

Pada pukul 08.29 waktu London, yen menguat 0,2% menjadi 110,44 per euro. Sementara itu, yen tak banyak berubah di posisi 76,65 per dollar setelah sebelumnya melemah 0,3% menjadi 76,87 per dollar. Sedangkan euro melemah 0,3% menjadi US$ 1,4407.

"Kebijakan yang dilakukan Jepang saat ini hanya didesain untuk membantu perusahaan dalam mengatasi penguatan yen, bukan untuk membalikkan penguatan yen. Itu secara signifikan mengurangi resiko atas intervensi dalam melemahkan posisi yen dan itu pula yang menyebabkan yen perkasa," papar Adam Cole, global head of currency strategy di Royal Bank of Canada, London.

Sekadar tambahan, program pendanaan yang berjangkawaktu setahun Jepang ditujukan untuk mendorong usaha kecil dan menengah di Jepang untuk menukarkan dana yen yang mereka miliki ke mata uang asing.

Noda juga bilang, kementrian keuangan Jepang akan meningkatkan pengawasan di pasar mata uang, terutama di institusi finansial utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar