Rabu, 24 Agustus 2011

Jelang Lebaran, 50 Transaksi Mencurigakan Terjadi Tiap Hari

Gb
Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendapatkan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM) menjelang lebaran hingga 50 laporan per hari. LTKM tersebut yang telah dilaporkan oleh penyedia jasa keuangan kepada PPATK.

"Kami akan meneliti transaksi-transaksi jelang lebaran," ungkap Kepala PPATK Yunus Husein kepada detikFinance di Jakarta, Rabu (24/8/2011).

Direktur Pengawasan dan Kepatuhan PPATK Subintoro memaparkan LTKM harian selama satu bulan terakhir menjelang lebaran ini memang turun dibandingkan lebaran tahun lalu.

"LTKM harian selama satu bulan terakhir ini antara 49-50 laporan. Sementara LTKM harian menjelang lebaran tahun lalu itu rata-rata antara 52-53 laporan," ungkpanya.

Ditambahkan Subintoro, LTKM tersebut secara keseluruhan dari sekian data transaksi keuangan mencurigakan yang telah dilaporkan oleh penyedia jasa keuangan kepada PPATK.

PPATK sendiri telah menerima 11.882 Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM) dari 334 Perusahaan Jasa Keuangan (PJK) hingga bulan Juli. Total LTKM yang diterima PPATK sejak berdirinya tahun 2003 yakni mencapai 75.806 laporan.
(dru/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar