Selasa, 13 Desember 2011

Wall Street terbakar disulut Eropa

Wall Street terbakar disulut Eropa
NEW YORK. Bursa Amerika Serikat (AS) ditutup berguguran kemarin (12/12). Dow Jones Industrial Average (DJIA) amblas 162,87 poin atau 1,34% ke 12.021,39. Indeks S&P turun 18,72 poin atau 1,49% lalu bursa teknologi AS, Nasdaq mundur 34,59 poin atau 1,31% ke 2.612,26.

Bursa bergerak mundur, dipengaruhi pesimisme yang kembali menjangkiti pelaku pasar. Langkah yang telah ditempuh para pemimpin Uni?Eropa untuk menegakkan keseragaman fiskal masih belum dapat mengatasi masalah keuangan secara mendasar dan menyeluruh.

Fokus kekhawatiran para pelaku pasar adalah pada implementasi terhadap amendemen pakta Uni Eropa dan penegakan sanksinya serta belum adanya dukungan keuangan yang cukup mantap guna menopang kejatuhan mata uang euro lebih lanjut.

Bursa terbakar setelah kepala ekonom Standard & Poor’s mengungkapkan zona euro telah kehabisan waktu untuk mengatasi krisis kawasan. Kemarin, Dana Moneter Internasional (IMF) juga berpendapat, pertemuan para pemimpin Uni Eropa di Brussels tak memberikan solusi secara keutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar