Selasa, 17 Januari 2012

Bursa Jepang bergerak positif pada transaksi pagi

TOKYO. Saham-saham yang diperdagangkan di bursa Jepang mencatatkan kenaikan pagi ini. Pada pukul 09.24 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,5% menjadi 8.423,86. Sementara, indeks Topix naik 0,4% menjadi 727,87. Dalam delapan saham yang naik, hanya ada satu saham yang melorot. Kemarin, kedua indeks acuan tersebut mencatatkan penurunan terbesar sejak 15 Desember lalu.

Sejumlah saham turut mempengaruhi pergerakan bursa Negeri Sakura. Beberapa di antaranya adalah Sumitimi Mitsui Financial Group Inc yang naik 1%, Inpex Corp yang naik 1,2%, dan Taiyo Yuden Co yang naik 3,3%.

Aksi beli yang melanda bursa Jepang terdongkrak sentimen penurunan biaya pinjaman Prancis. Selain itu, pasar memprediksi, data yang bakal dirilis hari ini akan menunjukkan perlambatan ekonomi China sehingga akan mendorong pemerintah Negeri Panda tersebut memperlonggar kebijakan dengan tujuan mendongkrak kembali pertumbuhan.

"Pembelian surat utang Eropa oleh Bank Sentral Eropa menyebabkan stabilitas dan menyokong lelang surat utang Prancis. Investor memang sudah memprediksi bakal ada pemangkasan peringkat utang di sejumlah negara Eropa," jelas Fumiyuki Nakanishi, strategist SMBC Friend Securities Co.

Catatan saja, kemarin, Stoxx Europe 600 Indexditutup dengan kenaikan 0,8% menjadi 251,12 kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar