Selasa, 17 Januari 2012

Sentimen Prancis dan China berhasil mendongkrak bursa Asia

TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan pada bursa Asia dilanda aksi beli pagi ini. Hal itu tercermin dalam indeks MSCI Asia Pacific yang naik 0,5% menjadi 116,20 pada pukul 09.24 waktu Tokyo. Kemarin, bursa acuan di kawasan regional ini turun 1,1%, yang merupakan penurunan terbesar sejak 19 Desember lalu.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa regional antara lain: Canon Inc yang naik 0,5%, Komatsu Ltd naik 0,9%, dan Rio Tinto Group naik 0,9%.

Pergerakan bursa Asia ini terpacu oleh sejumlah sentimen. Salah satunya, penjualan surat utang Prancis dengan biaya pinjaman yang rendah. Selain itu, pasar juga berspekulasi bahwa data yang dirilis hari ini akan menunjukkan perlambatan ekonomi China yang akan mendorong pemerintah Negeri Panda menerapkan sejumlah kebijakan untuk mendongkrak pertumbuhan.

"Pasar sepertinya tidak melihat Eropa secara keseluruhan. Mereka juga sangat terkesan dengan likuiditas yang digelontorkan oleh Bank Sentral Eropa. Saya juga mendengar, pimpinan China sangat cemas dengan outlook ekonomi Eropa sehingga mereka mempertimbangkan untuk memperlonggar kebijakan lagi dari yang ada saat ini," papar Andrew Pease, chief investment strategist Russell Investment Group di kawasan Asia Pacific.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar