Senin, 09 Januari 2012

Dollar AS perkasa, harga emas mulai turun gunung

Dollar AS perkasa, harga emas mulai turun gunung
SINGAPURA. Harga emas dunia kembali mencatatkan penurunan di hari kedua. Pagi tadi, harga emas di pasar spot melorot 0,7% menjadi US$ 1.606,80 per troy ounce. Pada pukul 09.59 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 1.608,10 per troy ounce. Pada pekan lalu, harga emas sudah naik 3,5%. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran Febuari turun 0,5% menjadi US$ 1.608,50 per troy ounce di COmex, New York.

Penurunan harga emas dipicu oleh krisis utang Eropa yang semakin memperkuat posisi dollar AS atas euro. Kondisi itu menyebabkan permintaan emas sebagai investasi haven semakin menurun.

"Harga emas memang ditransaksikan bertolakbelakang dengan surat utang AS dan dollar. Dengan tingkat yield yang rendah, penurunan harga emas sepertinya akan terbatas. Apalagi, investor masih memburu emas sebagai haven pada masa-masa sulit," ujar Zhang Lei, analis CES Futures Brokerage Co dari Shanghai.

Sekadar tambahan, harga emas turun 0,3% pada 6 Januari lalu setelah sebelumnya menyentuh posisi US$ 1.631,46 per troy ounce, level tertinggi sejak 21 Desember lalu. Sebaliknya, dollar AS menguat 0,4% versus enam mata uang utama dunia dan perkasa 0,6% versus euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar