Senin, 09 Januari 2012

Hati-hati, koreksi membayangi IHSG

JAKARTA. Sepekan pertama di tahun baru 2012, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil membuktikan keperkasaannya sampai level Rp 3.869,41. Namun, para analis memprediksi nasib baik IHSG belum tentu berlanjut.

Memasuki pekan kedua, IHSG diprediksi rawan koreksi. Tujuh dari sepuluh analis yang disurvei KONTAN memprediksi hari ini IHSG cenderung melemah alias bearish. Sedangkan tiga lainnya memperkirakan IHSG bisa menanjak atawa bullish.

Nilai tengah atau median IHSG dari polling proyeksi 12 sekuritas antara 3.832 sampai 3.909. Muhammad Alfatih, Analis Samuel Sekuritas, memperkirakan, IHSG terancam koreksi setelah naik cukup tajam. Apalagi, rencana penjualan obligasi negara Eropa membuat para pemodal menjadi waspada. "Senin saya prediksi indeks di kisaran 3.806-3.880," ujarnya, Jumat (6/1).

Sedangkan secara teknikal, Managing Research Asset Management, Reza Priyambada, memprediksi, indeks saham akan berada di zona merah di pembukaan perdagangan pekan depan. Level support IHSG berada di kisaran 3.845-3.860, sedangkan level resistance antara 3.899-3.945. "Secara teknikal IHSG dalam posisi jenuh beli (overbought), sehingga investor melanjutkan profit taking," urainya.

Bahkan, ia menduga selama sepekan depan IHSG dan semua sektor akan cenderung terkoreksi kecuali ada kejadian luar biasa yang bisa mengangkat bursa. Jika mengalami rebound, ujar dia, IHSG memiliki level resistance di 3.930-3.985 seminggu ini.

Berita dari Eropa yang kemungkinan akan dicermati pelaku pasar saham sepekan depan antara lain hasil lelang obligasi pemerintah Italia dan Spanyol yang untuk pendanaan pelunasan utangnya. "Jika hasil lelang tidak sesuai keinginan pasar, tentu mata uang Euro akan tertekan dan menjadi sentimen negatif bagi pasar global," tambah Reza.

Pendapat berbeda disampaikan Fadilah Qudsi. Analis Mega Capital Indonesia ini memperkirakan IHSG masih bisa bergerak naik. "Ada sentimen-sentimen positif seperti bursa regional yang cukup baik," ujarnya. Ia memprediksi IHSG akan bergerak di rentang 3.920-3.830 hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar