Senin, 09 Januari 2012

Wall Street memulai pekan pertama 2012 dengan sangat baik

Wall Street memulai pekan pertama 2012 dengan sangat baik
NEW YORK. Sepanjang pekan lalu, sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa AS melaju. Indeks Standard & Poor's 500 naik 1,6% menjadi 1.277,81 dalam empat hari perdagangan pertama tahun ini. Ini merupakan transaksi permulaan tahunan terbaik dalam enam tahun terakhir setelah kenaikan 2,4% di 2010. Sedangkan indeks Dow Jones naik 1,2% menjadi 12.359,92 sepanjang minggu lalu.

Saham-saham berkapitalisasi besar dilanda aksi beli. Beberapa di antaranya: Bank of America Corp dan Microsoft Corp melompat lebih dari 8,3% sehingga memimpin lonjakan pada indeks Dow Jones. Selain itu, Netflix Inc meroket 25%. Kendati demikian, ada juga sejumlah saham yang dilanda aksi jual seperti Sears Holdings Corp dan AutoNation Inc jatuh lebih dari 8,1%.

Aksi beli yang melanda bursa AS itu terdongkrak data manufaktur dari Amerika hingga China yang meningkatkan optimisme mengenai perekonomian global.

"Laju pertumbuhan ekonomi global memang melambat, namun kita masih melihat adanya pertumbuhan kinerja perusahaan. Perekonomian AS bergerak cukup baik. Jika faktor negatif Eropa bisa dihilangkan, pasar bisa lebih melaju lagi," jelas Peter Jankovkis dari Oakbrook Investments di illinois.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar