Jumat, 06 Januari 2012

Harga emas tengah menuju kenaikan mingguan terbesar sejak Oktober 2011

Harga emas tengah menuju kenaikan mingguan terbesar sejak Oktober 2011
NEW YORK. Sejumlah analis menilai, harga emas masih akan terus mencatatkan reli untuk hari ke enam. Dengan demikian, pergerakan harga emas tengah menuju kenaikan mingguan terbesar sejak Oktober lalu.

Sekadar informasi, harga emas di pasar spot berada di posisi US$ 1.623,52 per troy ounce pada pukul 13.05 waktu Singapura. Pada transaksi sebelumnya, harga emas sempat naik 0,3% menjadi US$ 1.627,75, yang merupakan level tertinggi sejak 21 Desember lalu. Sedangkan harga kontrak emas untuk pengantaran Febuari naik 0,3% menjadi US$ 1.625,30 di Comex New York.

Sepanjang pekan ini, harga emas sudah melonjak 3,8%. Ini merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak periode mingguan yang berakhir 28 Oktober lalu.

Lonjakan harga emas terpacu oleh krisis utang yang melanda Eropa sekaligus ketegangan politik di Timur Tengah. Dua faktor tadi menyebabkan tingkat permintaan emas kian melonjak.

"Dalam beberapa bulan terakhir, investor lebih memilih dollar AS ketimbang emas atau menggenggam dana tunai. Namun pada pekan ini, pergerakan dollar dan emas bergerak secara beriringan karena investor semakin mencemaskan kondisi Eropa," urai Zhu Suike, analis China Futures Co.

Sementara itu, dollar AS masih perkasa untuk pekan yang kedua terhadap enam mata yang utama dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar