Jumat, 06 Januari 2012

IHSG Tembus 3.890, Lepas Sebagian Posisi

INILAH.COM, Jakarta – Penembusan 3.890 dinilai memberikan sinyal negatif bagi IHSG. Artinya, indeks bakal support testing 3.825-3.850. Jika ini yang terjadi, lepaslah sebagian posisi!

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, posisi penutupan dari Indeks Dow Jones Industrial (DJI) sebenarnya tidak memberikan signal negatif. Tapi, bursa Asia (terutama HangSeng) pagi ini cenderung terkoreksi karena khawatir dalam memantau perkembangan terakhir dari bursa Eropa.

Di sisi lain, memang Perancis diancam downgrade sama Standard & Poor’s (S&P), tapi hal itu menurut Satrio merupakan berita lama. “Meskipun demikian, posisi dari indeks Hang Seng yang pagi ini running di bawah suport, membuat saya agak nervous juga,” katanya di Jakarta, Jumat (6/1).

Pada saat yang sama, kata dia, dengan posisi asing yang juga cenderung wait and see, bursa domestik juga hanya bisa wait and see. “Yang jelas, kisaran IHSG hari ini, kira-kira sama dengan kisaran IHSG kemarin, 3.890 – 3.925,” paparnya.

Dia menilai, penutupan di bawah 3.890 akan memberikan signal negatif bagi IHSG. “Jika ternyata IHSG ditutup di bawah 3.890, berarti IHSG bakal suport testing dulu ke 3.825-3.850 dulu, sebelum nanti (mungkin) bergerak naik lagi,” ujar Satrio.

Hari ini, Satrio mengaku hanya duduk manis dengan sedikit kewaspadaan. “Ada memang sebagian posisi yang saya ayun, saya pagi ini terpaksa melepas sebagian posisi saya di PT Astra Internasional (ASII) karena kemarin saya beli saham ini dengan menggunakan dana margin,” timpalnya.

Tapi selama tidak ada signal bearish, dia menegaskan, selama tidak ada penutupan di bawah suport, tidak terlalu urgent untuk melakukan posisi jual, melepas posisi yang ada dari modal bawah. “Maklum, kalau kita lepas, tapi ternyata tidak bisa buy back kan berabe juga,” tuturnya.

Apapun berita positifnya, kata dia, sentimen negatifnya selalu hanya satu: Krisis Eropa. “Saya sih memiliki sedikit harapan, bahwa posisi DJI yang relatif tidak turun di tengah koreksi yang terjadi pada bursa Eropa dua hari terakhir, sebenarnya memberikan harapan, siapa tahu, bursa Eropa malah naik,” ungkapnya. “Kalau Eropa naik, DJI bisa ikutan naik.”

Namun demikian, tetap saja, kalau IHSG terlihat akan ditutup di bawah suport hari ini, dia mengaku akan lepas sebagian posisi. “Kalau 3.890 gagal bertahan, saya hanya mau buy on wekaness kalau IHSG sudah sampai di kisaran 3.825-3.850,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar