Rabu, 29 Februari 2012

Data ekonomi positif, bursa Asia sumringah

Data ekonomi positif, bursa Asia sumringah
TOKYO. Bursa saham Asia dibuka sumringah, setelah data produksi industri di Jepang dan Korea Selatan menunjukkan hasil menggembirakan. Apalagi, sebelumnya rilis indeks kepercayaan konsumen di AS dan Eropa juga mengalahkan ekspektasi pasar.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,6% pada pukul 9.52 di Tokyo. Sementara itu, indeks Nikkei 225 menguat 1,13%, lalu indeks Kospi maju 1,33%, dan indeks S&P/ASX 200 reli 0,85%.

Rilis data produksi industri Jepang dan Korsel berhasil mengalahkan prediksi analis. Produksi pabrik di Jepang pada Januari lalu naik 2% dibanding bulan sebelumnya. Padahal, analis hanya memprediksi kenaikan 1,5%. Sementara itu, produksi industri di Korsel naik 3,3% per Januari, melampaui prediksi analis yang menduga akan terjadi penurunan 0,5%.

Nader Naeimi, senior analis di AMP Capital Investors Ltd. menilai, sinyal bullish di pasar meluas di tengah menguatnya ekonomi AS. "Pesimisme investor telah berganti menjadi optimisme. Eropa ternyata tidak seburuk yang dikhawatirkan pasar, karena tindakan yang telah diambil Bank Sentral Eropa," ujarnya, di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar